With Lovely Brother....

Gambar Thumbnailgambar besar Gambar Thumbnailgambar besar Gambar ThumbnailGambar Thumbnail

Langkah Mudah Buat Blog..Yuuukkk

Mau bisa buat blog??nih langkah2nya...gampang kok..met nyoba...!!!!

Langkah pembuatan blog sebagai berikut :

1. Buka website http://www.blogger.com/
2. Apabila website blogger telah muncul, klik tanda panah warna oranye yang bertuliskan "CIPTAKAN BLOG ANDA" (langkah ini dapat dilanjutkan dengan syarat anda telah memiliki alamat email)



Tampilan depan website http://www.blogger.com/




3. Selanjutnya akan muncul form yang harus anda isi, seperti gambar beriku ini.



4. Langkah mengisi form :


* Isi kotak Alamat Email dengan Email anda yang masih aktif (kalau belum memiliki email buat dahulu sebelumnya, dapat di Gmail.com, Yahoo.com atau Hotmail.com)

* Isi kotak Ketik Ulang Alamat Email dengan Email yang anda ketik pada kotak Alamat Email sebelumnya

* Isi kotak Masukan Sebuah Password dengan kata sandi sesuai keinginan anda, minimal 8 karakter dan hindari penggunaan tanda baca, spasi ataupun nomor.

* Isi kotak Ketik Ulang Sandi dengan password yang baru anda ketikan di kotak Masukan Sebuah Password sebelumnya.

* Isi Kotak Nama Tampilan dengan nama lengkap anda agar mudah diingat

* Isi Kotak Verifikasi Kata dengan kata yang muncul ditampilan form tersebut

* Klik Check Box Penerimaan Persyaratan (akan muncul tanda centang)

* Langkah terakhir Klik tanda panah BERWARNA ORANYE dengan tulisan LANJUTKAN

5. Langkah berikutnya adalah mengisi data pada kotak dialog "Beri nama blog Anda", berikut ini .


6. Isi kotak seperti berikut ini :

* Isi kotak Judul Blog dengan nama lengkap anda atau boleh lainnya sesuai keinginan, misalnya BLOG NAMA ANDA (judul ini dapat diedit kemudian)Contoh :pada blog ini aku kasih nama Rasakan Resonansinya....(Tapi ini gak mutlak kok, bisa diubah)

* Isi kotak Alamat Blog (URL) dengan ketik "NAMA LENGKAP/NAMA ANDA" saja tidak perlu embel-embel seperti www atau lainnya (usahakan nama blog adalah nama anda, karena bila tanda panah warna oranye bertuliskan lanjutkan telah anda klik, maka nama tersebut tidak dapat diedit lagi) ..
Contoh dalam blog ini diisi : wiwid-its nantinya kita akan punya alamat blog wiwid-its.blogspot.com jadi sobat tinggal ganti wiwid-its menjadi apapun yang sobat mau* Klik tanda panah warna oranye bertuliskan LANJUTKAN, untuk langkah berikutnya .

7. Kotak dialog Pilih sebuah Template akan muncul setelah itu, disini anda dapat memilih salah satu template dengan klik lingkaran yang ada di sebelah kiri bagian bawah gambar templates tsb, bila telah didapat desain yang cocok lanjutkan dengan klik tanda panah warna oranye bertuliskan LANJUTKAN . (untuk desain templates dapat diganti, akan dibahas pada materi "MENGGANTI DESAIN TEMPLATES BLOG")



8. Sekarang terlihat kotak dialog Blog Anda telah diciptakan sebagai konfirmasi awal dari blogger yang menyatakan bahwa blog kita telah selesai dan siap diakses dan diedit kapan saja dan dimana saja, seperti gambar berikut ini, klik tanda panah oranye bertuliskan START BLOGGING untuk membuat posting/tulisan perdana di blog anda .





9. Gambar dibawah ini adalah tampilan kotak dialog POSTING, untuk mengisinya ketik JUDUL ARTIKEL pada kotak JUDUL, ketik ALAMAT WEBSITE yang akan dilink dengan artikel tersebut bila diperlukan pada kotak LINK, ketik isi artikel pada kotak yang besar dan bila telah selesai klik tanda panah warna oranye bertuliskan MEMPUBLIKASIKAN POSTING bila artikel yang ditulis sudah sesuai (dapat disimpan dulu sebagai draft, untuk draft klik SIMPAN SEKARANG).
Pada isi artikel dapat disisipkan gambar, video, mengganti warna teks, menebalkan teks, perataan teks kanan kiri, pengetengahan teks, dll. (menu tersebut ada di bawah kotak LINK)




10. Untuk melihat tampilan blog yang telah dibuat, klik menu Lihat Blog (dijendela baru), atau dapat membuka jendela baru/new windows dari Menubar pilih New Windows kemudian pada kotak address bar ketikan nama blog/alamat blog anda, misalnya http://www.namaanda.blogspot.com/






Tidak ada komentar: